Hari Ini WIB

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Update 01 Juli 2012 at 03.20.00. Dalam Kategori Artikel Menarik

Tips Agar Skripsi Cepat Selesai | Tips Mengerjakan Skripsi Secara Optimal: Mengerjakan Skripsi adalah tugas yang gampang tapi susah, karena banyak teman-2 kita yang kesulitan dan bahkan tertunda saat mengerjakan skripsi. Lalu bagaimana baiknya agar bisa mengerjakan skripsi dengan cepat?

Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Berdasarkan beberapa sumber dan juga pengalaman teman-teman yang sukses menyelesaikan skirpsi, berikut ada beberapa Tips Mengerjakan Skripsi dengan Cepat yang bisa sobat lakukan:

* Buat Target dan Sisihkan Waktu
Buatlah target dan planing dalam proses pengerjaan skripsi, mulai dari penyusunan proposal hingga memasuki tahap ACC untuk ujian, lalu berusaha untuk mencapai target yang ditentukan.
Waktu yang kita sisihkan setiap hari/minggunya tergantung dari target kapan skripsi selesai. Semakin cepat target, berarti semakin banyak waktu yang harus kita sisihkan setiap hari/minggu. Target standar penyelesaian skripsi untuk saat ini adalah 8 bulan. Silahka diperhitungkan sendiri berapa waktu yang harus kita sisihkan setiap minggunya.

* Persiapkan Dengan Matang Referensi yang Dibutuhkan
Sempatkan mengunjungi perpustakaan minimal sekali sebelum kita mengerjakan. Jika memang benar-benar hanya sempat sekali keperpustakaan dalam sepekan, siapkan buku catatan setiap masuk perpustakaan. Lalu catat segala informasi/referensi yang dubutuhkan lengkap dengan informasi sumbernya (yang nantinya kita masukkan ke dalam daftar pustakan).
Ini penting, sebab peminjaman buku di perpustakaan dibatasi, sementara kebutuhan referensi tak terbatas.

* Jalin Komunikasi Dengan Dosen Pembimbing
Ingat, kita yang harus pro aktif.. jangan nunggu diuber-uber kayak bebek yang keasyikan berenang! Pekerjaan dosen tidak hanya mengurusi mahasiswa, tapi juga urusan proyek, istri dan anak-anaknya.
Komunikasi ini sangat penting untuk menyamakan persepsi antara kita dengan dosen. Kalau persepsinya sudah berbeda, tentunya kita sendiri yang harus capek dibuatnya.

* Diskusikan Dengan Teman
Jangan salah, di sekeliling kita banyak orang-orang pinter. Banyak kan di antara teman kita yang sudah lebih dahulu lulus, atau malah ada yang sudah menjadi dosen. Kalo memang mereka bisa membantu kita, kenapa tidak? Sah-sah saja selama minta bantuannya tidak keterlaluan.

* Cari Lokasi yang Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi
Kalo memang merasa nyaman dengan mengerjakan skripsi di puncak gunung sambil melihat sunrise, kenapa tidak? Tapi apa ya se-repot itu? paling-paling kita cuma butuh tempat yang sepi, tenang, serta jauh dari gangguan-gangguan ‘makhluk’ di sekitar kita.

* Hindari Hal-Hal yang Mengganggu Pengerjaan Skripsi
Biasanya bagi mahasiswa dengan tipe JAPAN (sukanya Jalan-jalan, Pesta, dan Nongkrong), planing mereka terancam terganggu hanya karena bujuk rayu teman-temannya.
Begitu pula mahasiswa dengan tipe KO (Kuliah-Organisasi), yang terkadang harus ewuh pekewuh menerima amanah–tanggung-jawab yang kadang tak bersahabat dengan urusan akademis yang satu ini.
Sampaikan saja dengan bijak–bahwa ada amanah lain yang juga harus segera dipertanggungjawabkan. Ingat, kuliah adalah amanah dari orang tua kepada anaknya tercinta. So, sudah semestinya ini menjadi prioritas pertama.

* Jangan Lupa Berdoa
Berdoa tanpa usaha adalah BOHONG, usaha tanpa berdoa adalah SOMBONG. Jadi, setiap kita akan melakukan sesuatu di wajibkan sambil berdoa, karena usaha apapun harus disertai dengan doa, terutama saat kita mengerjakan Skripsi untuk kelulusan dan masa depan kita.

Itulah sedikit Tips Agar Mengerjakan Skripsi Cepat Selesai yang mungkin bisa menjadi referensi dan semangat buat sobat saat dituntut menyelesaikan tugas Skripsi untuk kelulusan. Gak mau kan dibilang Mahasiswa Abadi? Disalin Artikel Menarik dari berbagai sumber.

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS dimohon mencantumkan SUMBER link Dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Atau Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Tips Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai"

Posting Komentar