Hari Ini WIB

Tips Persiapan Saat Ujian

Update 05 Maret 2010 at 22.04.00. Dalam Kategori Tips

Tips persiapan Saat Ujian. Buat yang masih sekolah ato kuliah, pasti bulan ini dan kedepan lagi persiapan buat ujian. Ada yang mau ujian semester ada juga yang mau ujian Nasional [UaN]. Sebagian pasti ada yang udah di wanti-2 buat beklajar, tapi ada juga kan yang masih tenang-2 aja.

Tips persiapan Saat Ujian

Kalo menjelang ujian gini biasanya rada gimana gitu, suka dilarang sama OrTu, musti belajar de es be. Tapi kita musti siap dan harus ngikutin ujian, secara buat kenaikan kelas ato kelulusan gitu. Ujian juga sebagai dasar evaluasi dan penilaian terhadap perkembangan belajar kita. Iya toh..??

Nah, buat kamu-2 yang bentar lagi mau ujian, berikut ada tips persiapan saat ujian, kali aja bisa nge'bantu kamu dalam menjalankan ritual ujian :

1. Datang dengan Persiapan yang Matang dan Lebih Awal
Bawalah semua alat tulis yang kamu butuhkan. Seperti :
- pensil
- pulpen
- kalkulator
- kamus
- jam (tangan)
- penghapus | tip ex
- penggaris
- dan lain-lainnya. [yang pastinya handphone,,]
Perlengkapan ini akan membantu dan dibutuhin kamu untuk konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang dan Percaya Diri
Tenangkan diri kamu dan percaya diri kalo kamu udah siap sedia dan akan mengerjakan ujian dengan baik.

3. Santai tapi Waspada
Kalo bisa pilih kursi atau tempat yang nyaman buat kamu saat mengerjakan ujian. Pastikan kamu mendapatkan tempat yang cukup untuk mengerjakannya. Dan pertahankan posisi duduk tegak.

4. Preview Soal Ujian
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian buat membaca soal-soal ujian secara mendalam. Tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan buat menjawab masing-masing soal.
Usahakan ngerjain soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Saat kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.

5. Jawab Soal Ujian Secara Strategis
Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, kemudian dengan soal-soal yang memiliki nilai tertinggi.
Pertanyaan terakhir yang seharusnya kamu kerjakan adalah:
- soal paling sulit
- yang membutuhkan waktu lama untuk menulis jawabannya
- memiliki nilai terkecil

6. Pilihan Jawaban Soal
Ketika mengerjakan soal-soal pilihan ganda, ketahuilah jawaban yang harus dipilih/ditebak.
- Pertama, abaikan jawaban yang kamu tau salah.
- Tebaklah selalu suatu pilihan jawaban kalo nggak ada hukuman pengurangan nilai, ato kalo nggak ada pilihan jawaban yang bisa kamu abaikan.
- Jangan menebak suatu pilihan jawaban kalo kamu nggak tau secara pasti dan ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali kalo kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.

7. Pikirkan dulu Saat Menulis Jawaban Esai
Saat mengerjakan soal ujian esai, pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. Buat kerangka jawaban singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kamu diskusikan dulu.

8. Jawab Langsung Poin Utamanya
Ketika mengerjakan soal ujian esai, jawab langsung poin utamanya.
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan informasi spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Periksa Ulang Jawaban
Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca.
Untuk jawaban matematika, periksa kali aja ada kecerobohan [misalnya salah meletakkan desimal]. Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.

10. Analisa Hasil Ujian
Setiap ujian bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri buat ujian selanjutnya. Tentukan strategi mana yang berhasil dan strategi mana yang nggak berhasil. Gunakan kertas ujian sebelumnya ketika belajar untuk ujian akhir.

Dengan melakukan tips persiapan saat ujian diatas mudah-mudahan bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal-soal ujian, ato meminimalisir kekesalahan saat mengerjakan soal. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. [jangan pacaran mulu yah..] :D

Dari berbagai sumber

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS dimohon mencantumkan SUMBER link Dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Atau Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Tips Persiapan Saat Ujian"

Posting Komentar