Hari Ini WIB

Perang Strategi Alfamart vs Indomaret

Update 10 Juli 2012 at 17.42.00. Dalam Kategori Artikel Menarik

Perang Strategi Alfamart vs Indomaret: Pertarungan Mini Market Consumer Good Modern saat ini tak lepas dan selalu identik dengan Pertarungan Alfamart vs Indomaret di suatu lokasi, jika salah satu diantaranya didirikan maka yang yang lain akan mengikuti, kehadiran Mini Market ini tak hanya saling mencakar satu sama lain namun imbasnya juga menerjang warung atau toko retail tradisional disekelilingnya, dan biasanya toko tradisional tersebut tak bisa membendung pelanggannya untuk berpindah ke Alfamart atau Indomaret.

Perang Strategi Alfamart vs Indomaret

Padahal beberapa tahun lalu keberadaan Mini Market Alfamart atau Indomaret tersebut tidaklah dikenal masyarakat, bahkan kala itu banyak cibiran dan nada miring yang dialamatkan pada kedua Mini Market tersebut, tidak sedikit yang mengatakan bahwa keberadaan Mini Market Modern itu tidak akan berumur panjang akibat kalah bersaing dengan toko tradisional yang mempunyai harga produk jauh lebih murah.
Namun ternyata kini nada cibiran atau nada miring itu entah ada dimana, yang ada sekarang justru decak kagum atas fenomena perkembangan Mini Market Modern Alfamart atau Indomaret, keduanya mengusung Toko Retail Modern yang mempunyai ciri khas ruang pajang dengan rak-rak yang tersusun rapi, variasi produk yang sangat banyak, pembayaran yang praktis dengan sistem kasir, ruangan ber-AC, tidak pengap, harga yang sangat kompetitif, dll.

Strategi dan konsep inilah masyarakat langsung jatuh cinta, kondisi tersebut tidak lagi bisa diikuti oleh para Toko Tradisional, mereka perlahan tapi pasti ditinggal oleh pelanggannya, dan mereka harus menghadapi pil pahit realita ini, melihat perkembangan ini tidak disia-siakan oleh Alfamart atau Indomaret, keduanya pun melebarkan sayap dengan me-Waralaba-kan Toko Retail Modern-nya.
Alfamart ataupun Indomaret semakin agresif dalam penetrasi Toko Retail-nya, siapa yang Pertama dilokasi dialah yang akan menjadi pemenang, motto pertarungan inilah yang membuat Toko Retail Modern lainnya tertatih-tatih mengejar keperkasaan keduannya, apalagi nasib Toko Tradisional, yang semakin waktu semakin tergerus omsetnya.

Pertarungan Alfamart vs Indomaret semakin seru saja, Keduanya tak segan untuk mendorong Waralaba-nya untuk bertarung langsung berhadap-hadapan (head to head), kadang karena ngototnya pe-Waralaba-nya disuatu tempat atau di satu jalan yang sama bisa ada 2 Toko Retail Alfamart, atau 2 Toko Retail Indomaret.
Keberadaan Alfamart atau Indomaret ini semakin bertumbuh, telah ribuan Toko Retail Modern ini didirikan, Persaingan Alfamart vs Indomaret semakin mengarah kepada sisi pelayanan, dengan pelayaan yang maksimal kepada pengunjung akan membedakan keduannya, akhirnya nanti tinggal satu yang menang,
Moto Indomaret “Mudah dan Hemat”. Indomaret adalah minimarket modern pertama di Indonesia. PT Indomarco Prismatama, pemilik brand Indomaret. Indomaret adalah pioneer di segmen minimarket di mana gerai pertama mereka sudah beroperasi sejak November 1998 di daerah Ancol, Jakarta Utara. Dan kini, Indomarco semakin getol mengembangkan jaringan minimarket mereka.

Waktu berjalan dengan cepat. Setelah sembilan tahun berdiri dan memiliki 300-an gerai, Indomarco mulai me-waralaba-kan brand minimarket mereka pada 1997. Selanjutnya, barulah Indomarco “berani” melepas brand mereka. Permintaan untuk waralaba Indomaret pun membeludak. Hingga 30 September tahun ini, tercatat ada 2.944 gerai Indomaret di seluruh Indonesia dan hampir 50%-nya milik pewaralaba.
Kesuksesan Indomaret lantas diikuti PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT), pemilik brand Alfamart. Gerai pertama mereka berdiri pada 18 Oktober 1999 atau hanya berselang satu tahun sejak gerai pertama Indomaret berdiri.

Secara keseluruhan, saat ini baru ada sekitar 6.000-an minimarket dengan konsep chain (satu brand, tapi banyak lokasinya). Padahal, potensinya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu. Jika dibanding Singapura, rasio antara minimarket dan jumlah penduduknya sekitar 1: 11.000. Artinya, satu minimarket melayani sekitar 11.000 jiwa. Sementara itu, untuk di Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi), rasionya 1: 35.000. Itu Perang Strategi Alfamart vs Indomaret baru di Jabotabek, belum di daerah lain. Disalin Dunia Remaja dari sumber google.

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS dimohon mencantumkan SUMBER link Dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Atau Tulis Komentar Kamu Disini:

1 Komentar untuk "Perang Strategi Alfamart vs Indomaret"
UNDERGROUND Papermengatakan...
12.02

Artikel bagus..
Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai manajemen strategi perusahaan.
Klik --> Komparasi Strategi Pada Alfamart dan Indomaret


Poskan Komentar