Hari Ini WIB

Tips Aman Bermain dan Berkicau di Twitter

Update 28 Maret 2010 at 11.16.00. Dalam Kategori Tips

Tips Aman Bermain dan Berkicau di Twitter. Situs jejaring sosial sperti facebook dan twitter emang lagi populer di tahun 2010 ini. Hampir tiap hari Situs Twitter dan facebook di kunjungi dan semakin banyak penggunanya. Seiring lonjakan popularitas, praktis membuat Twitter dan Facebook menjadi sasaran empuk bagi para penjahat cyber. Karna sistem yang diusung di situs mikro blogging ini amat terbuka, sangat memudahkan para peretas untuk menerobos masuk.

Tips Aman Bermain dan Berkicau di Twitter

Sudah banyak korban kejahatan cyber yang terjadi. setelah kemaren menulis tips aman bermain di Facebook, kali ini khusus para pengguna Twitter untuk membentengi diri. Hal ini untuk memastikan bahwa keamanan diri kita terjamin saat asyik berkicau di situs burung biru ini.

Berikut adalah 10 tips aman bermain Twitter menurut Ema Linaker, AVG Global Head of Online Engagement:

1. Batasi Pembicaraan Kamu

Penggunaan Twitter yang mudah membuat para pengguna sering dengan gampang melakukan tweet tentang lokasi dan kegiatan mereka. Namun, para pengguna sering tidak menyadari bahwa akun mereka merupakan akun publik (tidak dilindungi ataupun dibatasi), maka semua orang bisa melihat tweet mereka tersebut.

Komentar-komentar ringan yang diberikan sebagai tanggapan dari tweet tersebut lama-kelamaan bisa digunakan untuk mengetahui jadwal kegiatan dan rencana harian pengguna itu. Para penjahat bisa menggunakan hal ini untuk menjadikan pengguna tersebut korban berikutnya.

2. Berhati-hatilah Membuka Tautan

Berhati-hatilah membuka link atau tautan yang kamu dapat. Banyak orang yang menggunakan layanan pemendekan URL di Twitter, hingga memang sering sulit untuk benar-benar mengetahui situs yang akan kamu kunjungi.

Produk keamanan web memang dapat digunakan untuk memeriksa tautan-tautan tersebut. Namun yang paling penting adalah untuk terus mengingat bahwa bila ada keraguan mengenai tautan yang kamu dapat, sebaiknya jangan dibuka!

3. Waspadalah!

Waspadalah dengan kegiatan-kegiatan mencurigakan di timeline atau inbox kamu. Kalo kamu mulai mendapatkan pesan-pesan yang mencurigakan atau teman-teman kamu mulai men-tweet atau mengirimkan pesan-pesan berbau spam, sebaiknya kamu pastikan terlebih dahulu apakah akun rekan kamu telah menjadi sasaran peretas atau perengkah.

4. Berpikir Sebelum Memposting

Tweet kamu bisa dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan setelah dihapus, tweet kamu masih tetap dapat dilihat dengan menggunakan mesin pencari. Pikirkanlah baik-baik apa yang hendak kamu tulis, karena konsekuensi tulisan kamu mungkin akan lebih jauh dari yang kamu perkirakan. Menggunakan hashtag juga akan semakin mempermudah pencarian tweet kamu.

5. Jangan Lekas Percaya

Kamu tidak pernah tahu siapa saja follower kamu di twitter. Jangan mudah percaya dan berteman dengan orang-orang yang mungkin memiliki niat buruk.

6. Periksalah Aplikasi Pihak Ketiga Secara Seksama

Ada ratusan aplikasi yang bisa kamu gunakan di Twitter. Sebelum kamu menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, pastikan bahwa keamanan mereka. Carilah aplikasi-aplikasi yang banyak dibahas di situs-situs terpercaya. Ingat bahwa aplikasi-aplikasi ini sering membutuhkan password dan username kamu.

7. Informasi Password

Gunakan password berbeda untuk tiap akun jejaring sosial kamu. Kalo kamu ingin lebih aman, ciptakan e-mail berbeda untuk akun-akun jejaring sosial kamu. Dengan begitu, kalo kamu menutup akun jejaring sosial, kamu dengan mudah dapat menghapus akun e-mail tersebut.

8. Saat Log in

Periksalah pengaturan browser yang kamu gunakan. Pastikan bahwa informasi kamu tidak terekam kalo menggunakan komputer bersama.

9. Waspadalah Terhadap Serangan Phising

Berhati-hatilah atas usaha-usaha untuk mendapatkan informasi pribadi kamu melalui tweet atau Direct Message (DM) yang menipu.

10. Saat Menggunakan Telepon Seluler
Berhati-hatilah dengan telepon seluler kamu dan siapa-siapa saja yang dapat menggunakannya. Kalo kamu memiliki aplikasi Twitter, pastikan kamu selalu log out setelah menggunakannya.

Itulah 10 tips aman bermain dan berkicau di Twitter, yang bisa menghindarkan kamu dari kejahatan cyber yang merajalela, atau meminimalisir kamu jadi korban berikutnya. Semoga bermanfaat dan selamat berlicau ria di tweety. Sumber : detik.com

Buat sobat Blogger dan juga para Pengunjung yang mau COPAS dimohon mencantumkan SUMBER link Dofollow ke blog ini..!!! Thanks

Atau Tulis Komentar Kamu Disini:

0 Komentar untuk "Tips Aman Bermain dan Berkicau di Twitter"

Posting Komentar